Mengenal perangkat penyimpanan (Storage)


 

Sebelum memulai belajar TIK hari ini, mari berdoa agar belajar kita menjadi manfaat dan memperoleh hidayah dengan membaca do'a sebelum belajar:

 

Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.

Pengertian perangkat penyimpanan (Storage Device):

Perangkat penyimpanan atau dikenal dengan Storage Device merupakan perangkat yang dimiliki pada suatu sistem yang ada pada komputer. Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang terutama dipakai untuk menyimpan data. Setiap komputer desktop, laptop, tablet, dan smartphone memiliki suatu jenis perangkat penyimpanan di dalamnya.

Perangkat Penyimpanan : Pengertian, Tipe dan Macam Jenis Contoh - Adam Muiz
Gambar: Perangkat Penyimpanan

Perangkat penyimpanan menjadi fungsi inti dan komponen dasar komputer. Sebab, storage device digunakan sebagai tempat penyimpanan data dan informasi secara permanen. Data dan informasi disimpan untuk nantinya dapat diakses sewaktu-waktu.

 

Jenis-jenis perangkat penyimpanan (Storage Device):

Secara umum, media penyimpanan dalam komputer terdiri dari 3 macam, yakni penyimpanan magnetik, penyimpanan cakram optik, dan penyimpanan solid state.
 
1. Penyimpanan Magnetik
Penyimpanan magnetik adalah penyimpanan sekunder yang cukup banyak dijumpai pada komputer modern. Tipe penyimpanan ini dalam bentuk disk dan kaset yang digunakan untuk merekam dan menyimpan data komputer.
Contoh penyimpanan ini adalah tape drive, floppy disket, dan hard disk. 
Jual Media Penyimpanan Data Komputer | Lazada.co.id
Gambar: Harddisk

 
2. Penyimpanan Cakram Optik
Penyimpanan cakram optik adalah media penyimpanan data yang menyimpan data sebagai pola titik-titik yang dapat dibaca yang dapat dibaca dengan menggunakan cahaya laser.
Data yang disimpan dalam cakram optik dibaca dengan cara memantulkan cahaya laser dari permukaannya.
Jika sinar tersebut mengenai titik di mana data disimpan, maka sinar tersebut dipantulkan kembali secara berbeda untuk memberitahu bahwa terdapat data di titik tersebut.
Contoh dari penyimpanan ini yakni:
  •     Compact Disk (CD)
  •     Digital Versatile Disk (DVD)
  •     BluRay
  •     High Density Digital Versatile Disk (HD-DVD)
Pengertian dan Macam-macam Media Penyimpanan Data Komputer - Levatra
Gambar: Digital Versatile Disk (DVD)
 
3. Solid State Disk
Penyimpanan Solid State Disk atau dikenal dengan SSD merupakan media penyimpanan dari serangkaian IC. Di dalamnya ditanamkan suatu chip sebagai media penyimpanan guna menulis maupun membaca suatu data.
Penyimpanan ini mengambil informasi digital hanya menggunakan sirkuit elektronik tanpa melibatkan bagian mekanis yang bergerak.
Apa itu SSD? Ini Penjelasan Lengkapnya - RuangLaptop
Gambar: Solid State Disk
 
4. FlashDisk
Diska lepas USB atau dikenal dengan FlashDisk merupakan salah satu jenis perangkat penyimpanan yang digunakan dalam melakukan penyimpanan data yang dimana untuk melakukan proeses menyimpan data, flashdisk harus dihubungkan dengan komputer menggunakan port USB yang ada di komputer maupun gadget. Flash Disk sendiri dapat menyimpan data secara permanen meskipun tidak dicolokkan kepada komputer dan aliran listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan. Flashdisk sebagai media untuk melakukan penyimpanan data dan media untuk memindahkan data-data yang ada pada flash disk dengan berbagai format dan kapasitas yang cukup besar. Flashdisk juga dapat menjalankan berbagai aplikasi dan sistem operasi yang bersifat portabel.
16gb Flashdisk Sandisk Original SanDisk Flash Disk Flashdisk Cruzer Blade  16 GB Original - Jadi Store
Gambar: FlashDisk untuk penyimpanan data

 
Setelah mempelajari materi tersebut, mari kita asah pengetahuan yang sudah dimiliki dengan bermain kuis yang ada di bawah ini. Pilih jawaban yang benar untuk mendapatkan nilai, dan pilih "Mulai" untuk memulai bermain kuis.
 
 
 
Nah itulah teman-teman terkait dengan materi pembelajaran TIK hari ini. Semoga belajar hari ini sangat bermanfaat dan memperoleh hidayah. Setelah selesai belajar dan membaca, sebaiknya membaca doa setelah belajar supaya apa yang dilakukan benar-benar diterima oleh Allah SWT.
 

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam. Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya. Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya 😊

 

 


No comments:

Post a Comment