Mengenal Antivirus Komputer


 

Sebelum memulai belajar TIK hari ini, mari berdoa agar belajar kita menjadi manfaat dan memperoleh hidayah dengan membaca do'a sebelum belajar:

Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.

Pengertian Antivirus:
Antivirus adalah sebuah perangkat lunak yang diciptakan untuk menangkal virus, memberikan perlindungan serta keamanan data dan sistem di komputer. Virus biasa menyerang komputer yang tidak dilindungi antivirus Namun, tidak semua antivirus bisa membersihkan virus. Berikut adalah gejala laptop atau komputer yang terkena virus:

  • Komputer menjadi lambat
  • Data di komputer tidak bisa dibuka atau hilang
  • Komputer restart dengan sendirinya
  • Banyak program shortcut pada komputer

Beberapa Antivirus Terpercaya ini Bisa Dipasang Agar Terhindar dari Situs  dan Aplikasi Berbahaya
Gambar: Laptop Aman dari Virus Komputer

Antivirus dapat diartikan sebagai program komputer yang digunakan untuk mencegah, mendeteksi, dan menghapus perangkat perusak. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak.

 Fungsi Antivirus:
Antivirus berfungsi untuk memberikan perlindungan dan keamanan data komputer dari serangan virus. Virus bisa menyebar dari file unduhan atau masuk ketika browsing internet. Virus juga bisa masuk dan menyerang media penyimpanan seperti flashdisk, memory card, atau hard disk eksternal. Maka dari itu, scan dulu perangkat tersebut sebelum digunakan. Jangan lupa, pengguna juga harus sering melakukan update antivirus.

Contoh antivirus gratis dan berbayar yang bisa Anda gunakan Smadav, Avira, AVG, Norton, Kaspersky, McAfee Secure, dan lainnya.

Antivirus bisa berjalan otomatis dalam komputer jadi bisa mendeteksi langsung infeksi virus pada sistem komputer.

The best antivirus software of 2024, tried and tested
Gambar: Aplikasi Antivirus

 

Nah itulah teman-teman terkait dengan materi pembelajaran TIK hari ini. Semoga belajar hari ini sangat bermanfaat dan memperoleh hidayah. Setelah selesai belajar dan membaca, sebaiknya membaca doa setelah belajar supaya apa yang dilakukan benar-benar diterima oleh Allah SWT.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam. Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya. Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya 😊


No comments:

Post a Comment