Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi


 

Sebelum memulai belajar TIK hari ini, mari berdoa agar belajar kita menjadi manfaat dan memperoleh hidayah dengan membaca do'a sebelum belajar:


Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.

 

Pengertian TIK
TIK adalah singkatan dari kata Teknologi, Informasi, dan Komunikasi yang merupakan ilmu dalam mempelajari terkait penggunaan teknologi yang dapat mengelola informasi. Dalam bahasa inggris, TIK disebut sebagai Information and Communication Technologies atau disingkat ICT yang mencakup dua pilar penting, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Fungsi teknologi informasi dan komunikasi
Fungsi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) adalah untuk mendukung proses pengiriman dan penerimaan informasi. Fungsi TIK dalam kehidupan manusia dijelaskan sebagai berikut:
  1. Fungsi mendapatkan, TIK bertindak sebagai alat untuk mendapatkan informasi dari bermacam sumber. Ini memungkinkan pengguna untuk menyingkirkan informasi terpercaya dan fakta
  2. Kemampuan pemrosesan, dalam hal ini TIK, dapat berupa kombinasi dari beberapa rangkaian kegiatan. Misalnya, komputer menerima data input dari pemindai dan memproses data itu menjadi  informasi dalam bentuk teks atau gambar.  
  3. Fungsi pembangkitan, teknologi informasi, dan fungsi komunikasi sebagai alat untuk pengelolaan informasi yang lebih terarah, sehingga lebih mudah dipahami. Sebagai contoh: deskripsi informasi dalam bentuk tabel atau grafik. Sebagai fungsi penyimpanan, TIK juga mempunyai fungsi sebagai alat untuk menyimpan atau menyimpan informasi dan data pada media tertentu nantinya akan dapat digunakan setiap saat. 
  4. Fungsi pencarian memungkinkan orang dengan  TIK untuk mencari, menyalin, dan melanjutkan data dan informasi lama yang sudah disimpan di  media penyimpanan. Misalnya, seorang user atau pengguna komputer membuka data yang terdapat pada flash drive. TIK yang merupakan fungsi transmisi, juga berfungsi sebagai alat untuk mentransmisikan data dan informasi digital dengan menggunakan perangkat komputasi sebagai medianya. Misalnya, mengirim data ringkasan dari satu komputer di jaringan Anda ke komputer lain.
 
Manfaat TIK dalam berbagai Bidang
Berikut merupakan berbagai manfaat TIK yang bisa didapatkan dalam bidang bisnis, pendidikan, kesehatan hingga komunikasi, sebagai berikut:

1. Bisnis
TIK telah membawa perubahan besar dalam dunia bisnis. Manfaat utamanya adalah peningkatan produktivitas dan efisiensi. Dengan penggunaan perangkat lunak dan sistem informasi yang canggih, perusahaan dapat mengelola operasi mereka dengan lebih baik.
Sebagai contoh, implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan berbagai aspek operasionalnya seperti keuangan, persediaan, dan produksi, sehingga meningkatkan efisiensi.
TIK juga memungkinkan perusahaan untuk merespons perubahan pasar dengan lebih cepat, memberikan layanan yang lebih baik ke pelanggan, dan meningkatkan daya saing.
 
Apa Saja Keuntungan Penggunaan TIK di Bidang Perdagangan?
Gambar: Pemanfaatan TIK untuk Bisnis Online Shop
 
2. Pendidikan
Dalam dunia pendidikan, TIK membuka pintu untuk pembelajaran yang lebih interaktif dan terjangkau. Siswa dan guru dapat menggunakan teknologi untuk mengakses sumber daya pendidikan yang melimpah, termasuk kursus daring, tutorial video, dan platform pembelajaran berbasis daring.
 
Jilbab dan Kontroversi SKB 3 Menteri - Daily News Indonesia
Gambar: Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran
 
3. Kesehatan
Dalam sektor kesehatan, TIK telah membawa perubahan signifikan dalam diagnosa, pengobatan, dan perawatan pasien. Perangkat medis yang terhubung ke jaringan Internet memungkinkan para profesional kesehatan untuk memantau pasien secara real-time. Ini meningkatkan akurasi dalam diagnosis dan membantu merespons kondisi darurat dengan lebih cepat.4. Komunikasi
Salah satu manfaat paling nyata dari TIK adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara global. Internet dan platform media sosial memungkinkan orang untuk terhubung dengan individu di seluruh dunia. Ini tak hanya memfasilitasi komunikasi personal, tetapi juga berperan dalam diplomasi internasional, bisnis lintas batas, dan pertukaran budaya.
 
Teknologi Informasi Dalam Bidang Kesehatan | Innovatest Indonesia
Gambar: Pemanfaatan TIK untuk Kesehatan
 
4. Komunikasi
Salah satu manfaat paling nyata dari TIK adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara global. Internet dan platform media sosial memungkinkan orang untuk terhubung dengan individu di seluruh dunia. Ini tak hanya memfasilitasi komunikasi personal, tetapi juga berperan dalam diplomasi internasional, bisnis lintas batas, dan pertukaran budaya.
 
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Gambar: Pemanfaatan TIK untuk Meeting Online

Setelah mempelajari materi tersebut, mari kita asah pengetahuan yang sudah dimiliki dengan bermain kuis yang ada di bawah ini. Pilih jawaban yang benar untuk mendapatkan nilai, dan pilih "Mulai" untuk memulai bermain kuis.


Nah itulah teman-teman terkait dengan materi pembelajaran TIK hari ini. Semoga belajar hari ini sangat bermanfaat dan memperoleh hidayah. Setelah selesai belajar dan membaca, sebaiknya membaca doa setelah belajar supaya apa yang dilakukan benar-benar diterima oleh Allah SWT.
 


Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam. Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya. Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya 😊

No comments:

Post a Comment