Mengenal Aplikasi Komputer



Sebelum memulai belajar TIK hari ini, mari berdoa agar belajar kita menjadi manfaat dan memperoleh hidayah dengan membaca do'a sebelum belajar:


Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.

 Pengertian Aplikasi Komputer:

Aplikasi komputer atau dikenal dengan program adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan suatu aktivitas atau tugas yang spesifik. Aplikasi yang digunakan pada komputer desktop atau laptop biasanya disebut aplikasi desktop, sedangkan aplikasi yang digunakan pada perangkat mobile yang disebut aplikasi mobile. Saat Anda mengoperasikan suatu aplikasi, maka aplikasi tersebut diatur oleh sistem operasi hingga Anda menutupnya.

Gambar: Aplikasi Komputer


Jenis-jenis Aplikasi Komputer:

Aplikasi desktop
Sangat banyak tersedia aplikasi desktop saat ini dan dapat dikategorikan ke dalam beberapa kategori. Beberapa aplikasi desktop mempunyai banyak fitur (seperti Microsoft Word), sedangkan aplikasi dekstop lainnya hanya memiliki satu atau dua fitur (seperti aplikasi jam atau kalender). Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi yang umum digunakan.

1. Aplikasi pengolah kata : Aplikasi ini dapat digunakan untuk menulis surat, merancang brosur, dan membuat dokumen lainnya. Aplikasi pengolah kata yang paling populer adalah Microsoft Word.

6 Rekomendasi Software Pengolah Kata Terbaik - filesop.com
Gambar: Aplikasi Pengolah Kata


2. Aplikasi browser web : Aplikasi ini digunakan untuk menjelajah Internet. Mayoritas komputer baru telah terpasang aplikasi ini, namun Anda juga dapat mengunduh dan memasang aplikasi browser lainnya sesuai keinginan Anda. Contoh aplikasi browser yaitu Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Safari.

Menjelajah Internet dengan Web Browser, Ketahui Pengertiannya
Gambar: Aplikasi Web Browser


3. Aplikasi pemutar media: Jika Anda ingin mendengarkan musik MP3 atau menonton film yang telah Anda unduh, maka Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menikmatinya. Windows Media Player dan iTunes merupakan aplikasi pemutar media yang populer.
iTunes.

Download Aplikasi Pemutar Musik - Colaboratory
Gambar: Aplikasi Pemutar Media


4. Aplikasi permainan (games) : Ada banyak jenis aplikasi permainan yang dapat Anda mainkan di komputer Anda. Beberapa contoh aplikasi ini seperti Solitaire atau Halo. Banyak permainan action membutuhkan sumber daya komputasi, sehingga Anda membutuhkan komputer-komputer versi baru.

Cara Mengembalikan Game Windows Yang Hilang di Windows 7
Gambar: Aplikasi Permainan (Games)


Aplikasi mobile
Komputer desktop dan laptop bukan satu-satunya perangkat yang dapat mengoperasikan aplikasi. Anda juga dapat mengunduh aplikasi untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi mobile.

1. Gmail: Anda dapat menggunakan aplikasi Gmail untuk menerima dan mengirim e-mail dengan mudah dari ponsel Anda. Aplikasi ini tersedia bagi perangkat Android dan iOS.

Gmail (2023.11.26.586591930.Release) unduh di Android APK
Gambar: Aplikasi Gmail


2. Instagram: Anda dapat menggunakan Instagram untuk berbagi foto dengan teman dan keluarga Anda. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Kreator Instagram Kini Bisa Bikin Konten Eksklusif untuk Subscriber
Gambar: Aplikasi Instagram


3. Duolingo: Dilengkapi dengan kombinasi kuis, game, dan fitur lainnya, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mempelajari bahasa baru. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Yuk Belajar Bahasa Asing dengan Aplikasi Duolingo : Okezone techno
Gambar: APlikasi Duolingo

Nah itulah teman-teman terkait dengan materi pembelajaran TIK hari ini. Semoga belajar hari ini sangat bermanfaat dan memperoleh hidayah. Setelah selesai belajar dan membaca, sebaiknya membaca doa setelah belajar supaya apa yang dilakukan benar-benar diterima oleh Allah SWT.
 

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam. Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya. Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya 😊

 

No comments:

Post a Comment