Mengenal Aplikasi Microsoft Excel



Sebelum memulai belajar TIK hari ini, mari berdoa agar belajar kita menjadi manfaat dan memperoleh hidayah dengan membaca do'a sebelum belajar:


Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.

 

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel atau Excel adalah software untuk analisis data dan dokumentasi. Software yang satu ini berbentuk spreadsheet, sehingga terdiri dari kolom dan baris. Pertemuan antara kolom dan baris tersebut disebut dengan Cell. Supaya lebih jelas, perhatikan gambar di bawah ini:

1. kolom baris dan cell dalam office olah data

Seperti namanya, Microsoft Excel dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi spreadsheet yang satu ini masuk ke dalam kelompok software Microsoft Office.

 

Kelebihan Microsoft Excel

 

1. Bisa diakses lewat beragam OS

Pertama-tama, Excel tersedia untuk banyak platform. Sistem operasi yang didukung oleh Microsoft Excel adalah

  1. Windows
  2. macOS
  3. Android
  4. iOS dan iPad OS
  5. Fire OS

Tak hanya itu, Microsoft Excel juga punya versi website yang bisa kamu akses lewat browser

2. Tampilannya mudah dipakai

Kamu yang tak butuh fungsi kompleks tetap bisa memakai software ini secara intuitif. 

Sebab, meski fungsi-fungsi Excel cukup canggih, tampilannya relatif mudah digunakan. Itulah yang menjadi kelebihan Microsoft Excel selanjutnya.

Pentingnya Excel di Dunia Kerja

Microsoft Excel adalah software yang pas untuk merapikan informasi apa pun. Memang, kombinasi kolom dan baris di aplikasi itu membuat data di dalamnya lebih teratur. Itulah mengapa, di dunia kerja, tujuan penggunaan Microsoft Excel beragam. Beberapa di antaranya yakni:

1. Akuntansi

2. pengertian microsoft excel untuk akuntansi accountingtoday com


Pertama-tama, ada akuntansi. Di Excel, kamu bisa membuat tabel yang berisi teks dan angka-angka layaknya laporan keuangan.

Kalau angkanya perlu dihitung, tinggal masukkan rumusnya. Dengan alasan ini, Microsoft Excel adalah software yang tepat untuk kegiatan akuntansi.

2. Analisis data

3. office olah data untuk analisis towardsdatascience com


Memang, Excel punya segudang fitur olah data sederhana. Akan tetapi, kemampuan software ini tak sebatas itu saja.

Microsoft Excel juga bisa dipakai untuk menganalisis data yang dengan cara yang lebih canggih. Kamu bisa membuat logika sederhana dengan rumus IF. Selain itu, masih ada rumus lainnya yang lebih kompleks.


3. Kalender editorial

4. microsoft excel untuk kalender editorial someka net


Tak terbatas di dunia data, Excel juga bisa dipakai oleh para pemasar atau pegiat media. Sulap saja halaman baris dan kolom menjadi sebuah kalender editorial.

Format kolom dan baris di Microsoft Excel adalah kuncinya. Bentuk tersebut akan memudahkan proses perencanaan konten, seperti:

  • membuat kalender
  • menjadwalkan konten
  • menuliskan keterangan penting lainnya.

4. Data customer relationship management

5. microsoft excel untuk crm vertex42 com

© Vertex42.com

Excel juga bisa dimanfaatkan dalam proses customer relationship management

Masukkan saja data-data pelanggan ke dalamnya. Dengan begitu, tak ada informasi konsumen yang tercecer di mana-mana.

Dapat disimpulkan, karena banyak dipakai di banyak bidang, kamu harus menguasai skill Microsoft Excel.

 

Nah itulah teman-teman terkait dengan materi pembelajaran TIK hari ini. Semoga belajar hari ini sangat bermanfaat dan memperoleh hidayah. Setelah selesai belajar dan membaca, sebaiknya membaca doa setelah belajar supaya apa yang dilakukan benar-benar diterima oleh Allah SWT.


Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam. Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya. Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya 😊

 

 

 

No comments:

Post a Comment