Mengenal Aplikasi Microsoft Office



 

Sebelum memulai belajar TIK hari ini, mari berdoa agar belajar kita menjadi manfaat dan memperoleh hidayah dengan membaca do'a sebelum belajar:


Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.

Mengenal Microsoft Office
Menggunakan aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan merupakan hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Microsoft Office adalah seperangkat aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Microsoft Office adalah serangkaian aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas penggunanya dalam bekerja. Di dalamnya, terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan secara terpisah, seperti Ms Word, Ms Excel, Ms PowerPoint, Ms Outlook, hingga Ms Access.

Mengenal Aplikasi Microsoft Office - SMK BUDUT 2 WAY JEPARA
Gambar: Aplikasi Microsoft Office

Kelengkapan aplikasi yang ada pada Microsoft Office tergantung pada paket pembelian yang Anda ambil. Untuk saat ini, pilihan paket yang dapat Anda beli diantaranya seperti Microsoft Office Home and Student dan Microsoft Office Home and Business, hingga Microsoft Office 365.

Selain itu, Microsoft juga terus memberikan pembaruan pada aplikasi mereka. Sehingga muncul beberapa versi seperti Microsoft Office 2010, Microsoft Office 2013, dan seterusnya. Aplikasi ini juga tersedia dalam 35 bahasa berbeda dan kompatibel dengan OS Windows, Mac, dan sebagian besar varian Linux.

Apa Saja Manfaat Microsoft Office?
Setelah membahas mengenai pengertian Microsoft Office, ada baiknya Anda mengetahui keunggulan dari software tersebut agar dapat menggunakannya dengan lebih maksimal. Di bawah ini beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan Ms Office.


1. Software Yang Paling Banyak Digunakan
Berbeda dengan beberapa perangkat lainnya, Microsoft Office adalah software yang paling banyak digunakan untuk bekerja. Sehingga, banyak orang yang membutuhkan data maupun dokumen dengan format Microsoft Office seperti (.docx) atau (.pptx). Untuk mempermudah Anda mengelola dokumen tersebut, menggunakan MS Office adalah suatu keharusan.


2. Memiliki Fitur Yang Lengkap
Microsoft Office hadir dengan berbagai jenis aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan Anda. Seperti misalnya, Microsoft Word untuk mengelola dokumen, Microsoft Excel untuk mengelola data, atau Microsoft PowerPoint untuk membuat slide presentasi. Rangkaian perangkat lunak tersebut merupakan fitur yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Anda.


3. Mudah Digunakan
Salah satu alasan mengapa Ms Office banyak digunakan adalah karena pengoperasiannya yang mudah. Setiap program dilengkapi dengan fitur bermanfaat untuk membantu pekerjaan Anda. Selain itu, software ini juga memiliki file bantuan ekstensif yang dibangun ke dalam program jika Anda membutuhkannya.


4. Tersedia Layanan Cloud
Layanan Cloud merupakan inovasi yang memberikan banyak kemudahan dalam hal penyimpanan data. Untuk itu, Microsoft juga menyediakan versi Microsoft Office 365 yang dilengkapi dengan layanan berbasis cloud. Dimana saat pengguna memiliki akses ke internet, mereka dapat mengakses cloud melalui layanan tersebut.


5. Terdapat Dukungan Online Dari Microsoft
Situs Microsoft memiliki ratusan halaman yang ditujukan untuk mendukung produk Ms Office yang mereka keluarkan. Seperti adanya beragam pilihan template gratis yang dapat digunakan oleh pemilik software tersebut. Ada juga pembaruan otomatis yang menjaga software Anda dari bug sehingga dapat berjalan dengan baik.


Nah itulah teman-teman terkait dengan materi pembelajaran TIK hari ini. Semoga belajar hari ini sangat bermanfaat dan memperoleh hidayah. Setelah selesai belajar dan membaca, sebaiknya membaca doa setelah belajar supaya apa yang dilakukan benar-benar diterima oleh Allah SWT.


Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam. Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya. Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya 😊

 

No comments:

Post a Comment