Mengenal Aplikasi Microsoft Word


 


 

Sebelum memulai belajar TIK hari ini, mari berdoa agar belajar kita menjadi manfaat dan memperoleh hidayah dengan membaca do'a sebelum belajar:


Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.

Mengenal Microsoft Word
Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak atau software pengolahan kata yang dibuat dan dikeluarkan oleh perusahaan teknologi bernama Microsoft. Aplikasi ini dibuat dengan fungsi untuk membantu penggunanya dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan yang berkaitan dengan pembuatan teks, tulisan, dokumen, dan sebagainya. Pekerjaan yang berkaitan dengan dokumen tersebut dapat berupa membuat, menyunting, hingga memformat suatu dokumen secara khusus.

Program pengolahan kata atau dikenal juga dengan sebutan word processing adalah suatu program yang dipakai guna mengolah dokumen yang berupa teks, seperti surat, jurnal, makalah, lamaran pekerjaan, surat kerja, buku, brosur, kartu nama, dan lain sebagainya.

REVIEW MICROSOFT WORD, MICROSOFT EXCEL, DAN MICROSOFT POWERPOINT - SITI  NURCHALIZA PANAI - UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Gambar: Tampilan Microsoft Word

Hasil dari dokumen yang dibuat dalam Microsoft Word ini biasanya akan disimpan dalam bentuk file lunak atau softcopy terlebih dahulu, sebelum akhirnya dicetak dan berbentuk hardcopy atau hasil print.

Pada saat ini, Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi pengolah kata terbaik dan terpopuler di dunia. Hal ini terjadi karena program aplikasi ini memiliki fitur yang sangat banyak untuk membantu semua kebutuhan penggunanya.

Karena selain dapat memasukkan huruf dan angka, aplikasi ini juga mendukung dalam penggunaan gambar, tabel, word art, penomoran, hingga format keluaran file yang sangat beragam, mulai dari txt hingga pdf.

Mengenal Fungsi Microsoft Word
Secara umum, aplikasi Microsoft Word ini memiliki fungsi sebagai salah satu program word processing atau program pengolahan kata. Hal ini membuat Microsoft Word dapat digunakan untuk segala aktivitas yang berhubungan dengan dokumen, seperti membuat, menyunting, dan memformat suatu dokumen sesuai dengan keinginan kita sendiri. Adapun fungsi utama dari Microsoft Word ini adalah sebagai berikut:


1. Membuat Dokumen Baru
Dengan aplikasi ini, kita dapat membuat sebuah dokumen baru dengan cepat dalam bentuk apapun, seperti teks, tabel, grafik, hingga gambar. Tak hanya itu, program ini pun dapat digunakan untuk membuat berbagai dokumen, seperti surat, jurnal, laporan, makalah, buku, hingga yang lainnya. Microsoft Word juga memungkinkan kita untuk membuat dokumen dengan berbagai ukuran kertas yang sesuai dengan kebutuhan kita.


2. Menyunting Dokumen yang Sebelumnya
Jika terjadi suatu kesalahan pada dokumen yang kamu buat dalam segi pengetikan atau penulisannya, maka kamu menyunting atau mengubah isi dokumen tersebut di Microsoft Word. Program aplikasi ini juga memungkinkan untuk kita menyunting suatu dokumen dari aplikasi pengolahan kata lain dengan format dokumen yang sama.

Fungsi Microsoft Word
Gambar: Menyunting Dokumen


3. Membuat Format Baru untuk Dokumen
Aplikasi dari Microsoft ini memungkinkan untuk para penggunanya membuat atau mengubah format dokumen menjadi lebih profesional. Pasalnya, Microsoft Word ini memiliki fitur yang sangat banyak dalam hal pemformatan dokumen.

Mulai dari jenis huruf, besar huruf, catatan kaki, warna huruf, penomoran, rumus atau equation matematika, hingga ukuran kertas yang beragam. Selain itu, dalam aplikasi ini kita juga dapat mengubah bentuk dokumen dari word ke txt, pdf, dan lain sebagainya.

Manfaat dan Fungsi Microsoft Word
Setelah mengetahui tentang pengertian Microsoft Word, sejarah serta fungsinya. Maka kita juga perlu untuk mengetahui apa manfaat dan kegunaan dari Microsoft Word ini sendiri. Adapun manfaat dan kegunaan yang diberikan oleh Microsoft Word tersebut, seperti kemudahan mengolah kata, meminimalisir kesalahan penulisan dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lengkap, berikut ulasannya.
 

1. Dapat Mengolah Kata dengan Mudah
Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi pengolahan kata yang paling banyak digunakan oleh semua orang. Bukan karena fiturnya saja, program aplikasi ini memang menawarkan kemudahan untuk para penggunanya dalam melakukan pengolahan kata, termasuk pembuatan dokumen berbasis teks, hingga mendukung penambahan fitur gambar dan tabel dalam aplikasinya.

Dengan kemudahan yang ditawarkan, aplikasi ini tentu bermanfaat dalam menunjang aktivitas pekerjaan pengolahan kata dalam segala bidang. Terlebih, saat ini aplikasi Microsoft Word sudah dapat digunakan dalam berbagai perangkat, mulai dari komputer hingga ponsel dengan berbagai sistem operasi yang menunjang. Dengan begitu, kita dapat membuat dokumen di mana saja dan kapan saja melalui perangkat yang kita miliki.
 

2. Mampu Meminimalisir Kesalahan dalam Penulisan
Sebelum Microsoft Word dan aplikasi pengolah kata lainnya diluncurkan, manusia menggunakan mesin ketik atau tulisan tangan langsung sebagai media penulisannya. Hal ini tentu sulit dilakukan terlebih jika menemukan adanya kesalahan penulisan dalam dokumen yang kita buat. Karena tak bisa mengoreksinya, maka mau tidak mau kita harus menulis ulang tulisan tersebut.

Namun, dengan adanya aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word ini, kita tidak perlu lagi khawatir ketika menemukan kesalahan penulisan dalam dokumen yang kita buat. Sebab, aplikasi ini memungkinkan kita untuk menyunting dokumen tersebut sebelum membuatnya dalam versi cetak. Apalagi, program ini dilengkapi fitur bernama AutoCorrect yang dapat memperbaiki kesalahan secara otomatis.
 

3. Meminimalisir Penggunaan Kertas
Penggunaan Microsoft Word dalam membuat dokumen digital membuat kita dapat meminimalisir penggunaan kertas yang terbuat dari serat pohon. Tentu saja ini menjadi manfaat lain yang penting mengingat kondisi bumi yang semakin menurun dari tahun ke tahunnya.

Ketahui 5 Fungsi Microsoft Word Ini untuk Mempermudah Pekerjaan Anda
Gambar: Menggunakan Microsoft Word untuk Bekerja

 4. Penggunaan yang Lebih Fleksibel
Program Microsoft Word membuat kita bisa mengolah kata menjadi data dengan format yang berbagai macam di mana pun dan kapan pun. Hal ini memudahkan kita dalam pekerjaan karena dapat digunakan secara lebih fleksibel. Selain itu, aplikasi ini juga sangat praktis dan efisien dalam menjalankan tugasnya sebagai sebuah aplikasi pengolahan kata dan data.

5. Memiliki Panel Navigasi yang Mudah untuk Pemula
Dengan fitur yang beragam, aplikasi ini juga memiliki panel navigasi yang beragam. Meskipun demikian, panel navigasi ini masih mudah dipahami dan tidak membuat bingung penggunanya terlebih untuk para pemula yang baru mempelajari Microsoft Word.
 

6. Dapat Menghemat Waktu dan Tenaga
Aplikasi ini tentu berkaitan dengan kegiatan pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan dokumen. Tetapi, dibanding dengan menulis secara manual seperti menulis dalam buku atau sejenisnya, aplikasi ini dapat membuat pekerjaan kita lebih cepat dan efektif karena dapat menghemat waktu dan tenaga.

 

Nah itulah teman-teman terkait dengan materi pembelajaran TIK hari ini. Semoga belajar hari ini sangat bermanfaat dan memperoleh hidayah. Setelah selesai belajar dan membaca, sebaiknya membaca doa setelah belajar supaya apa yang dilakukan benar-benar diterima oleh Allah SWT.


Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam. Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya. Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya 😊

 

 

 

No comments:

Post a Comment