Mengenal Perangkat Komputer



 

Sebelum memulai belajar TIK hari ini, mari berdoa agar belajar kita menjadi manfaat dan memperoleh hidayah dengan membaca do'a sebelum belajar:


Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.

Pengertian komputer:
Dalam pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) tentunya tidak akan lepas dengan yang namanya komputer. Hal ini dikarenakan nantinya teman-teman akan menggunakan komputer dalam mengelola informasi dan komunikasi. Teman-teman bisa menggunakan komputer untuk berbagai hal, mulai dari belajar, bermain, mencari informasi di internet, melakukan streaming youtube, hingga melakukan pekerjaan. Dari sini dapat kita tangkap bahwa banyak sekali manfaat dari penggunaan komputer. 

Gambar: Perangkat PC (Personal Computer)
 

Namun tahukah anda, apa itu komputer? Komputer adalah perangkat elektronik yang menerima, menyimpan dan memproses data menjadi informasi secara matematis atau logis sesuai dengan serangkaian instruksi yang diprogram. Program-program ini memungkinkan komputer agar dapat melakukan berbagai macam tugas seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Maka dapat dijelaskan bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Fungsi komputer:
Terdapat banyak sekali fungsi komputer tergantung pada penggunaannya. Berdasarkan pengertian komputer yang sudah kita bahas bersama di atas, fungsi komputer adalah sebagai berikut:

1. Data Input
Mesin komputer mampu menerima informasi ataupun data dari sumber lain yang berasal dari luar. Data tersebut akan mudah diterima melalui berbagai kegiatan pada keyboard, mouse ataupun dari komputer lain dan peralatan lainnya.

2. Data Processing
Fungsi paling utama dari komputer adalah agar bisa melakukan pengolahan data, sehingga nantinya mampu menghasilkan output dalam bentuk informasi. Biasanya, data yang diolah di dalam komputer tersedia dalam bentuk gambar, teks, audio, grafik, dan lain-lain.

3. Data Output
Fungsi selanjutnya dari komputer adalah agar bisa memberikan hasil output setelah melalui berbagai proses pengolahan data. Informasi ini nantinya bisa disajikan dengan menggunakan monitor, alat printer dan juga speaker.

4. Data Storage
Komputer juga bisa disajikan sebagai tempat dalam menyimpan data, sehingga data tersebut bisa ditemukan secara mudah dan digunakan kembali oleh penggunanya. Data tersebut nantinya bisa disimpan di dalam memori komputer atau ke dalam memori eksternal.

Jenis-Jenis Komputer:
Komputer juga memiliki beragam jenis sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Berikut merupakan jenis-jenis komputer diantaranya sebagai berikut:

1. Komputer Server

(Gambar: Komputer Server)
Sumber: https://guntursatria2006.wordpress.com/

Komputer server atau dikenal dengan komputer induk adalah perangkat komputer dengan spesifikasi tertentu, bertugas mengelola akses pada suatu jaringan, menyediakan sumber daya dan menyimpan informasi tertentu. Server komputer yang biasanya terhubung dengan workstation atau jaringan komputer lain sering disebut dengan client.

2. PC Desktop

Gambar: Komputer Desktop

PC Desktop adalah perangkat komputer yang dibangun untuk penggunaan harian. PC Desktop memiliki spesifikasi yang kuat, dikarenakan PC Desktop dirancang untuk penggunaan harian dan menetap di satu ruangan (tidak berpindah-pindah). PC Desktop memiliki bagian bernama Desktop yang merupakan sebuah wadah untuk menyimpan komponen inti komputer seperti prosesor, motherboad, harddisk, RAM (Random Access Memory), kartu grafis (VGA Card), dan komponen inti lainnya. Kemudian terdapat perangkat seperti Monitor, Mouse, Keyboard, dan Speaker yang terpasang terpisah dengan Desktop. 

3. PC All In One

Gambar: PC All In One

PC All In One atau AIO adalah perangkat komputer yang dibangun untuk penggunaan harian. PC AIO memiliki fungsi yang sama dengan PC Desktop, namun perbedaannya adalah PC AIO tidak memiliki Desktop sebagai mesin dari komputer. Komponen inti komputer pada PC AIO dijadikan menjadi satu dengan monitor komputer. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir standar kebutuhan ruang untuk penataan komponen komputer yang ada. PC AIO juga dirancang dengan kebutuhan listrik yang lebih sedikit apabila dibandingkan dengan PC Desktop, sehingga lebih hemat dan mengurangi biaya listrik.

4. Laptop

Gambar: Perangkat Laptop

Laptop merupakan salah satu jenis komputer yang dibangun untuk penggunaan mobilitas tinggi. Laptop memiliki fungsi sama dengan komputer lainnya, namun perbedaannya adalah laptop dapat dibawa kemana-mana dan dipakai di tempat lain. Hal ini dikarenakan laptop menggunakan baterai sebagai sumber dayanya.

5. Smartphone

Gambar: Perangkat Smartphone
Sumber: www.idntimes.com

Smartphone merupakan salah satu jenis komputer berbentuk ponsel yang dibangun untuk penggunaan mobilitas tinggi dengan tujuan untuk berkomunikasi. Pada dasarnya, smartphone adalah sebuah ponsel yang memiliki fitur tinggi layaknya komputer. Smartphone dapat juga diartikan sebagai sebuah ponsel genggam yang bekerja dengan menggunakan perangkat lunak sistem operasi (OS) yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Jenis sistem operasi pada Smartphone yang umum dipakai adalah Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry.

6. Tablet

Gambar: Pad atau Tablet
Sumber: www.idntimes.com

Tablet atau dikenal dengan Pad merupakan salah satu jenis komputer yang memiliki fungsi sama dengan smartphone, namun perbedaannya dengan smartphone adalah perangkat Tablet memiliki ukuran layar yang lebih lebar, yaitu kisaran 7 inch hingga 12 inch. Tablet pada umumnya dipakai untuk pekerjaan presentasi, menulis, dan pekerjaan lainnya yang bersifat mobilitas tinggi, seperti menjadi narasumber, jurnalis, notulen, desainer, dan pekerjaan lainnya yang serupa.

Setelah mempelajari materi tersebut, mari kita asah pengetahuan yang sudah dimiliki dengan bermain kuis yang ada di bawah ini. Pilih jawaban yang benar untuk mendapatkan nilai, dan pilih "Mulai" untuk memulai bermain kuis.
 
 
 
Nah itulah teman-teman terkait dengan materi pembelajaran TIK hari ini. Semoga belajar hari ini sangat bermanfaat dan memperoleh hidayah. Setelah selesai belajar dan membaca, sebaiknya membaca doa setelah belajar supaya apa yang dilakukan benar-benar diterima oleh Allah SWT.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam. Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya. Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya 😊

 

Sumber:

https://guntursatria2006.wordpress.com/2016/04/22/pengertian-dan-spesifikasi-komputer-server/ 

https://smkperintis.sch.id/2019/10/07/smartphone/


 

 


No comments:

Post a Comment