Mengenal perangkat proses (Process)



Sebelum memulai belajar TIK hari ini, mari berdoa agar belajar kita menjadi manfaat dan memperoleh hidayah dengan membaca do'a sebelum belajar:

Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.

Pengertian perangkat proses (Process Device):
Perangkat proses atau dikenal dengan Process Device merupakan perangkat yang dimiliki pada suatu sistem yang ada dalam komputer. Perangkat proses adalah komponen pada komputer yang berfungsi dan berperan penting pada proses olah data yang diberikan oleh perangkat input untuk selanjutnya menjadi data yang diinginkan yang ditampilkan pada perangkat output.
Hal ini menjadikan data yang telah diproses oleh perangkat proses akan di tampilkan kepada pengguna komputer atau manusia. Seluruh perangkat proses tersebut akan bekerja secara bersama dengan dukungan dari perangkat masukan dan perangkat luaran.

Macam-macam Perangkat Pemrosesan dalam Komputer Beserta Fungsinya -  Tribunshopping.com
Gambar: CPU Merupakan Perangkat Proses

Fungsi perangkat proses (Process Device):
Adapun fungsi dari perangkat proses adalah bertujuan untuk mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi (Output) ke peralatan Output. 

7 Tren YouTube di 2022: Content Creator Wajib Tahu! - Glints Blog
Gambar: Pencarian Konten di Youtube

Macam-macam perangkat proses (Process Device):
Secara umum kita mengenal perangkat proses pada komputer hanyalah komponen processor atau otak dari komputer saja. Namun nyatanya ada berbagai macam perangkat proses pada komputer, serta peran dari perangkat tersebut tidak bisa di remehkan, karena tanpanya komputer tidak akan menjadi perangkat yang canggih. Berikut di bawah ini adalah berbagai macam contoh dan penjelasanya tentang perangkat proses pada komputer.

1. Central Processing Unit (CPU)

Siapa yang tidak tahu tentang perangkat processor atau CPU, perangkat yang satu ini memiliki peran yang sangat penting karena menjadi otak utama yang berfungsi untuk memproses data dan perintah pada komputer. Pengguna seringkali salah menyebut CPU dengan menunjuk Casing komputer, padahal CPU berada di dalam casing komputer tepatnya menempel pada perangkat motherboard dengan supplay daya listrik yang diatur oleh power supply. Selain tiu processor juga bekerja dengan sangat cepat, sehingga akan mengakibatkan naiknya suhu processor, untuk itu dibutuhkan sebuah pendingin processor yaitu berupa FAN.

Pengertian CPU Adalah : Fungsi CPU dan Komponennya (Lengkap)
Gambar: CPU


Processor secara merk terbagi menjadi dua jenis merk yang paling terkenal, yaitu Intel dan AMD. Keduanya terus bersaing dalam menghasilkan produk terbaiknya. Setiap tahun akan muncul processor generasi terbaru dari kedua produsen tersebut. Dengan mengeluarkan versi terbarunya Intel dan AMD selalu menaikan kapasitas kecepatan prosesnya atau biasanya kita sebut dengan GHz. semakin tinggi GHz yang ada maka kecepatan proses dari sebuah komputer akan semakin tinggi.

2. Power Supply (PSU)
Power Supply adalah perangkat proses yang jarang diketahui orang, karena posisinya yang selalu menempel dan proses penjualanya yang selalu dibarengkan dengan casing membuat orang jarang melihat power supply. Fungsi utama dari prower supply sendiri adalah untuk mengubah arus AC menjadi arud DC. Fungsi dari Power Supply sangat penting dan krusial, karena jika kita menyalakan komputer menggunakan arus AC yang tidak stabil, bisa-bisa komponen lainya yang ada di sebuah komputer akan mengalami over daya dan rusak.

10 Power Supply Terbaik untuk PC - Ditinjau oleh Software Engineer dan Tech  Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) | mybest
Gambar: Power Supply


Pada Power Supply terdapat banyak sekali kabel yang berfungsi untuk menyalurkan daya ke komponen komputer lainya, Power Supply mengontrol daya sesuai yang dibutuhkan oleh perangkat komputer, tidak kurang dan tidak lebih sehingga cukup untuk membuat setiap komponen pada komputer berfungsi dengan baik.

3. Video Graphic Adapter (VGA)
VGA adalah salah satu komponen penting dalam perangkat proses pada komputer, karena peranya dalam mengolah dan memproses grafis menjadi hal yang patut untuk dipertimbangkan terutama bagi orang yang menggunakan komputer untuk kebutuhan grafis seperti gamer, editor video dan lain sebagainya. Video Graphic Adapter memberikan peran dengan memproses grafis yang akan ditampilkan pada layar monitor, sehingga jika anda ingin melihat grafis yang baik pada komputer, maka hal utama yang perlu di tingkatkan adalah Video Graphic Adapter.

7 VGA Card Murah dan Terbaik untuk Gaming | JalanTikus
Gambar: VGA Card


Semakin tinggi spesifikasi dari Video Graphic Adapter maka kualitas gambar yang akan di sajikan oleh komputer akan semakin baik. Sebaliknya semakin kecil dari Video Graphic Adapter maka kualitas gambar akan semakin buruk, terlebih jika kebutuhan komputer untuk keperluan grafis, pasti akan terlihat jelas kekurangan dari Video Graphic Adapter.

4. Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit dengan sejumlah soket dan slot yang digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat keras (hardware) pembangun komputer. Perangkat keras yang dimaksud adalah CPU (Central Processing Unit), RAM (Random Access Memory), hard drive, dan video card sehingga komputer dapat bekerja sebagaimana mestinya. Ada berbagai bahan yang menjadi penyusun motherboard. Untuk dasarannya, umumnya motherboard terbuat dari selembar papan plastik yang sangat kuat dan bersifat non konduktor.

Jika diibaratkan seperti tubuh makhluk hidup, motherboard adalah perangkat keras yang menjadi  jantung dari sebuah komputer. Motherboard menyatukan setiap keping komponen komputer agar menjadi mesin yang utuh dan dapat bekerja secara maksimal. 

Gambar: Motherboard

 

5. RAM (Random Access Memory)

Gambar: RAM (Random Access Memory)
Sumber: https://www.nesabamedia.com/

RAM (Random Access Memory) tugasnya adalah menyimpan data dan berbagai proses agar bisa diakses dengan sangat cepat oleh CPU atau komponen komputer lainnya. Idealnya, semakin besar jumlah RAM maka komputer akan semakin cepat karena semakin besarnya kapasitas RAM untuk menyimpan data dan proses.

RAM adalah komponen yang harus ada di dalam komputer karena memiliki fungsi yang sangat krusial. Salah satu fungsi RAM adalah sebagai peningkatan kinerja perangkat yang sedang dipakai. Jadi anda akan merasa lebih nyaman ketika menggunakan perangkat yang daya muat RAM-nya lebih tinggi, karena akan lebih cepat dan responsif ketika menjalankan berbagai aplikasi.

Setelah mempelajari materi tersebut, mari kita asah pengetahuan yang sudah dimiliki dengan bermain kuis yang ada di bawah ini. Pilih jawaban yang benar untuk mendapatkan nilai, dan pilih "Mulai" untuk memulai bermain kuis. 



Nah itulah teman-teman terkait dengan materi pembelajaran TIK hari ini. Semoga belajar hari ini sangat bermanfaat dan memperoleh hidayah. Setelah selesai belajar dan membaca, sebaiknya membaca doa setelah belajar supaya apa yang dilakukan benar-benar diterima oleh Allah SWT.
 

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam. Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya. Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya 😊

No comments:

Post a Comment