Mengenal sistem operasi komputer


 

 

Sebelum memulai belajar TIK hari ini, mari berdoa agar belajar kita menjadi manfaat dan memperoleh hidayah dengan membaca do'a sebelum belajar:


Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.

 
Pengertian Sistem Operasi:
Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting.
Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu.
 
Gambar: Tampilan Sistem Operasi Windows

Fungsi Sistem Operasi:
Sistem operasi mempunyai peran penting di dalam suatu sistem komputer. Berikut beberapa fungsi sistem operasi:

1. Manajemen Sumber Daya Komputer
Sistem operasi dapat mengatur waktu sebuah aplikasi yang dijalankan, membagi penggunaan CPU saat apliaksi berjalan bersamaan, memberi akses pada disk, dan lain sebagainya.
 
2. Berperan Sebagai Aplikasi Dasar Sebuah Perangkat
Sistem Operasi merupakan dasar dari pembentukan program yang ada pada sebuah perangkat. Bisa dikatakan ini merupakan bagian vital yang mengatur semua hal yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi sebuah perangkat.

3.Menghubungkan Hardware
Sistem operasi berperan dalam mengoordinasikan semua perangkat yang saling terhubung pada gadget dalam waktu yang bersamaan, seperti penyimpanan internal, mouse, speaker, dan CPU.

Dalam hal ini sistem operasi berperan sebagai jembatan yang menghubungkan perangkat keras dengan perangkat lunak. Kemudian pada gilirannya akan menjalankan operasi dasar komputer.

4. Mengoptimalkan Fungsi Sebuah Perangkat
Sistem Operasi mampu mengoptimalkan kinerja dari sebuah perangkat keras maupun lunak, Sistem tersebut mengatur serta mengendalikan hubungan antara perangkat keras dan lunak agar bisa saling bekerjasama dengan baik,

5. Mengatur Sistem Kerja Perangkat
Sistem Operasi mengatur serta mengontrol semua fungsi perangkat keras yang digunakan, mulai dari CPU, Hardisk, memrori dan lain sebagainya. Tentunya dengan adanya sistem operasi seluruh perangkat bisa saling bersinergi dan membentuk kesatuan untuk memaksimalkan fungsi sebuah perangkat.
 
Macam-macam Sistem Operasi Komputer
Terdapat beragam jenis sistem operasi komputer yang ada dan dapat dipakai sesuai dengan kebutuhan masing-masing user. Adapun macam-macam Sistem Operasi Komputer diantaranya sebagai berikut:

1. Windows
Salah satu sistem operasi paling populer yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows memiliki user interface yang mudah digunakan dan menyediakan berbagai layanan inti untuk mengelola tugas-tugas seperti process management, memory management, dan disk management. Contoh sistem operasi Windows yang terkenal termasuk Windows XP, Windows 7, dan Windows 10.
Windows os logo - Social media dan logos Icons
Gambar: Windows

2. MacOS
Sistem operasi ini dikembangkan oleh Apple dan khusus dirancang untuk digunakan pada komputer Mac. Dibuat dengan tampilan yang elegan dan user-friendly, MacOS menawarkan pengalaman yang intuitif bagi pengguna.
Mac OS Logo PNG vector in SVG, PDF, AI, CDR format
Gambar: MacOS

3. Linux
Salah satu sistem operasi open-source yang populer, Linux dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991. Keunggulan utama dari Linux adalah fleksibilitas dan keamanannya yang tinggi. Dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari komputer pribadi hingga server. Linux juga dapat diubah dan disesuaikan sesuai kebutuhan pengguna.

Linux - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambar: Linux

 
4. Android
Sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google. Android merambah ke berbagai perangkat, seperti smartphone, tablet, bahkan smart TV. Kelebihan utama dari Android adalah adanya playstore yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan menginstal berbagai aplikasi.
MENGUPAS LOGO BARU ANDROID (bagian 1) – surianto rustan
Gambar: Android

5. iOS
Sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple dan khusus digunakan pada perangkat iPhone, iPad, dan iPod touch. iOS dikenal karena keamanannya yang tinggi dan kualitas aplikasi yang dikembangkan untuk platform ini. User interface yang sederhana dan elegan membuat iOS menjadi pilihan favorit bagi banyak pengguna Apple.
Logo Iphone Apple - Hitamedia
Gambar: iOS

Penting untuk mengetahui jenis sistem operasi yang ada, karena ini akan memengaruhi penggunaan dan kinerja perangkat Anda. Setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sebelum membeli perangkat, penting untuk mempertimbangkan kompatibilitas dengan sistem operasi yang Anda inginkan.
 
Nah itulah teman-teman terkait dengan materi pembelajaran TIK hari ini. Semoga belajar hari ini sangat bermanfaat dan memperoleh hidayah. Setelah selesai belajar dan membaca, sebaiknya membaca doa setelah belajar supaya apa yang dilakukan benar-benar diterima oleh Allah SWT.
 
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam. Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya. Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya 😊


No comments:

Post a Comment