Etika Profesi Teknologi Informasi dan Komunikasi



Sebelum memulai belajar TIK hari ini, mari berdoa agar belajar kita menjadi manfaat dan memperoleh hidayah dengan membaca do'a sebelum belajar:

 

Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”. 

Mengenal Etika Profesi IT

Etika profesi IT merupakan sekumpulan panduan atau aturan yang dilakukan dalam bertindak, dengan tujuan agar dapat menciptakan profesionalisme pada ruang lingkup dan pekerjaan IT. Dengan adanya etika profesi pada bidang tersebut, maka seseorang bisa melakukan tindakan maupun mengambil keputusan profesional, sekaligus menjunjung tinggi nilai-nilai moral.

Seorang profesional di bidang Teknologi Informasi (IT) bertanggung jawab membantu organisasi atau perusahaan dalam memelihara infrastruktur digital dan menangani permasalahan terhadap sistem IT tempat dia bekerja. Seorang pekerja IT juga akan diminta untuk membantu tim lainnya untuk bisa mengikuti perkembangan kemajuan teknologi dan prosedur keamanan.

Gambar: Pekerjaan di bidang IT
Sumber: forbes.com

Profesional IT ini juga merupakan garda terdepan yang bertugas untuk menguji, membangun, menginstal, memperbaiki, atau memelihara perangkat keras dan perangkat lunak yang terkait dengan sistem komputer yang kompleks di satu atau lebih lokasi. Melalui amanah yang diberikan tersebut, sebagai pekerja profesional kita dibatasi dan terikat dengan sebuah kode etik profesi. Juga dituntut menjunjung tinggi kode etik perusahaan tempat kita bekerja.
 
Keberadaan etika profesi membuat kamu bisa menciptakan lingkungan kerja kondusif dan nyaman. Dalam prinsip ketika profesi, berdasar semua kode etik yang ada pada Teknologi Informasi (IT). Secara garis besar, terdapat beberapa prinsip etika profesi termasuk dalam IT yaitu:
  • Kejujuran
  • Kepercayaan
  • Kesetiaan
  • Menghargai orang lain
  • Taat hukum
  • Berperilaku baik
  • Menghindari berbagai hal yang bisa membahayakan orang lain
  • Punya akuntabilitas baik

Profesi Teknologi Informasi dan Komunikasi

IT Support
Salah satu pekerjaan bidang TI yang paling diminati adalah IT Support. Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk mengawasi sistem komputer agar dapat berjalan dengan optimal, selain itu IT Support juga harus membuat laporannya. Dapat dijelaskan bahwa IT support adalah seorang ahli yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pengguna atau karyawan dalam hal teknologi informasi.
 
Gambar: Profesi IT Support
Sumber: www.kitalulus.com

System Analyst
Pekerjaan IT yang paling diminati selanjutnya adalah System Analyst atau analis sistem. System Analyst adalah orang yang menggunakan teknik analisis dan desain untuk memecahkan masalah bisnis menggunakan teknologi informasi. Analis sistem dapat berfungsi sebagai agen perubahan yang mengidentifikasi perbaikan sebuah organisasi atau perusahaan yang dianggap perlu, kemudian merancang sistem untuk menerapkan perubahan tersebut, dan melatih serta memotivasi orang lain untuk menggunakan sistem.  
 
Gambar: Profesi System Analyst
Sumber: www.inixindo.id

IT Maintenance
Pekerjaan TI yang paling diminati selanjutnya adalah IT Maintenance. Dalam menggeluti profesi ini, keahlian yang dibutuhkan tidak hanya mengenai perangkat lunak atau software. Namun juga keahlian perangkat keras alias hardware. Dapat dikatakan bahwa IT Maintenance adalah pekerja IT yang bertanggung jawab dalam perawatan dan pemeliharaan rutin terhadap hardware, software, jaringan, dan sistem komputer guna memastikan kelancaran operasional dan kinerja yang optimal.
 
Gambar: Profesi IT Maintenance
Sumber: www.magesoft.co.id
 
Data Engineer
Perlu diketahui bahwa aktivitas dari pengguna internet telah menghasilkan data dalam jumlah besar. Bahkan, data yang dihasilkan setiap harinya hampir menyentuh angka 2.5 quintillion byte. Data-data tersebut nantinya akan digunakan perusahaan agar bisa memperoleh insight bermanfaat. Tak heran jika sebagian besar perusahaan berlomba-lomba bisa mengembangkan teknologi big data. Inilah mengapa seorang data engineer perannya sangat dibutuhkan. Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk membuat perencanaan, desain, hingga mengelola sistem big data. 
 
Gambar: Profesi Data Engineer
Sumber: https://dibimbing.id

Database Administrator
Seringkali data yang disimpan hilang begitu saja akibat tidak teratur. Sering juga banyak data yang ter duplikasi tanpa sengaja. Oleh karena itu di dunia yang serba digital ini, database administrator dibutuhkan. Tugas dari database administrator adalah melacak data dengan memanfaatkan software khusus yang berkaitan dengan infrastuktur data. Proses ini dilakukan untuk memastikan keamanan, kemudahan akses, dan juga navigasi dari data.
 
Gambar: Profesi Database Administrator
Sumber: www.nait.ca
 
System Administrator
System Administrator atau dikenal dengan sysadmin adalah profesional teknologi informasi (TI) yang memastikan sistem komputer organisasi berfungsi dan memenuhi kebutuhan organisasi. Sysadmin mendukung, memecahkan masalah, dan memelihara server dan jaringan komputer. Sysadmin adalah orang yang melakukan pengelolaan sistem komputer, baik komputer client, komputer server, hingga perangkat-perangkat network seperti printer dan scanner. Sysadmin bertujuan untuk mengawasi dan memperbaiki adanya malfungsi pada sistem komputer seperti pada hardware dan software-nya.
 
Gambar: Profesi System Administrator
Sumber: www.dice.com

Programmer
Programmer merupakan seseorang yang mengembangkan sebuah aplikasi atau sistem pada komputer untuk membuat suatu perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware) dengan menggunakan bahasa pemrograman. Programmer adalah sebuah jenis profesi atau pekerjaan yang bertujuan untuk membuat sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman. Seseorang yang memiliki skill menulis kode program (syntax) dan merancang sistem, bisa juga disebut programmer. Kode atau bahasa program yang dimaksud seperti Java, Python, Javascript, PHP, dll.
 
Gambar: Profesi Programmer
Sumber: https://blog.dimiherlambang.com

Developer
Developer adalah seseorang yang memiliki tugas sebagai perancang software, website, ataupun aplikasi. Developer kerap berkaitan dengan desain sebuah produk atau layanan yang diciptakan untuk para konsumen. Seorang developer memiliki kewajiban untuk mengembangkan sesuatu untuk sebuah perusahaan. Developer adalah seorang profesional yang bertugas untuk membuat sebuah program, baik berupa software, game, aplikasi mobile hingga website. Untuk mendapatkan hasil terbaik, diperlukan kemampuan analisa dan skill coding yang baik. 

Gambar: Profesi Developer
Sumber: https://midtrans.com

Network Engineer
Network Engineer adalah profesi yang mempunyai tugas untuk mengurusi jaringan komputer/telekomunikasi di sebuah organisasi. Network Engineer akan dianggap berhasil ketika Jaringan yang dikelolanya dapat berfungsi baik, stabil, dapat diakses/digunakan oleh user, dan mendukung tujuan organisasi. Network Engineer adalah orang yang bertugas untuk membangun sebuah jaringan di suatu organisasi atau perusahaan. Selain itu, mereka juga bertugas mendesain, implementasi, dan melakukan pemeliharaan agar jaringan tidak mengalami masalah. 

Gambar: Profesi Network Engineer
Sumber: www.theamegroup.com

Setelah mempelajari materi tersebut, mari kita asah pengetahuan yang sudah dimiliki dengan bermain kuis yang ada di bawah ini. Pilih jawaban yang benar untuk mendapatkan nilai, dan pilih "Mulai" untuk memulai bermain kuis.

 
 
 
Nah itulah teman-teman terkait dengan materi pembelajaran TIK hari ini. Semoga belajar hari ini sangat bermanfaat dan memperoleh hidayah. Setelah selesai belajar dan membaca, sebaiknya membaca doa setelah belajar supaya apa yang dilakukan benar-benar diterima oleh Allah SWT.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam. Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya. Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya 😊

Sumber Referensi:

https://www.trivusi.web.id/2022/01/kode-etik-profesi-it.html

https://www.universitas123.com/news/pembahasan-lengkap-tentang-apa-saja-etika-profesi-it

https://diskominfo.depok.go.id/wp-content/uploads/2018/11/2.2.Buku-Etika-Profesi-Teknologi-Informasi.pdf

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221005160610-33-377464/cek-10-profesi-bidang-it-paling-favorit-dan-bergaji-tinggi

https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-programmer-hal-yang-wajib-dikuasai/

https://www.domainesia.com/berita/apa-itu-developer/

No comments:

Post a Comment